December 3, 2018

Belajar SQL Server #1 : Create, Drop dan Backup Database

 

SQL adalah bahasa standar untuk menyimpan, memanipulasi, dan mengambil data dalam basis data.

Di Blog ini saya akan menulis sedikit tentang SQL Server, seperti Artikel kali ini yaitu Create, Drop, Restore dan Backup Database di SQL Server

 

Sebelumnya saya anggap pembaca sudah bisa melakukan instalasi SQL Server dan sudah siap digunakan dengan Management Studio. Di lain waktu saya akan menulis artikel untuk instalasinya karena kemarin saya belum sempat mendokumentasikannya saat instalasi.

Yang pertama akan saya bahas di artikel pertama saya ini adalah Query untuk membuat sebuah database.

Membuat Database

Misalnya kita akan membuat database dengan nama “Belajar”, maka Query yang dituliskan adalah sebagai berikut:

Create Database Belajar

Selanjutnya dengan menekan tombol F5 pada keyboard atau klik Execute, maka akan muncul notice “Command(s) completed successfully.” di jendela Messages, yang artinya Query sukses dijalankan. Dan untuk memastikannya kita perlu me-refresh database pada Object Explore. Untuk lebih jelas nya kita bisa melihat pada gambar dibawah berikut:

Setelah me-refresh Database pada Object Explore (caranya dengan klik kanan Database pada Object Explore lalu pilih Refresh), maka akan muncul database baru yang kita buat yaitu “Belajar”.

 

Backup Database

Selanjutnya kita akan mencoba membuat backup dari database yang sudah kita buat diatas. Untuk membuat backup database, atau dengan bahasa lain saya lebih suka menyebutnya dengan membackup, Query-nya adalah sebagai berikut:

backup database belajar
to disk = 'D:\belajar backup\belajar.bak'

To Disk maksudnya adalah lokasi kita akan menyimpan file backup database kita. Contoh diatas saya menyimpan pada Disk D di dalam folder “belajar backup” yang sebelumnya sudah saya buat. Setelah kita Execute maka akan muncul notice Backup Succesfully pada jendela Messages. Jika ada notice Error maka ada yang salah, misalnya saja saya mencoba menyimpan backup pada root Disk C, maka akan muncul eror karena tidak diijinkan oleh system. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah:

Eror backup di root Disk C:

Sekarang kita coba cek di folder belajar backup pada Disk D, dan kita bisa melihat file database yang tadi kita backup.

 

Drop Database

Oke, setelah bisa membuat dan membackup database, sekarang kita coba menghapusnya.

Query-nya sebagai berikut:

Drop database Belajar

Setelah Execute dan kita refresh Database pada Object Explore, maka database Belajar akan hilang karena sudah kita hapus dengan Query Drop di atas.

 

Restore Database

Seteah kita bisa menghapus database (Drop), sekarang kita coba untuk restore database Belajar tadi. Query-nya sebagai berikut:

Restore database Belajar


from disk = 'D:\belajar backup\belajar.bak'

Hampir sama seperti Query untuk mebuat backup database, From Disk maksudnya adalah  dimana kita meletakan file database backup yang akan kita restore. Setelah kita  Execute dan  refresh database di Object Explore, dan akan muncul lagi database “Belajar”

 

 

Oke sampai disini kita sudah bisa membuat database, menghapusnya, membuat backup dan juga merestorenya. Walaupun sebenarnya masih banyak detail yang belum dibahas, akan tetapi saya pikir ini cukup untuk awalan/dasar. Selanjutnya saya juga akan menulis mengenai syntax-syntax Query lainya. Sebenarnya banyak website lain juga yang membahas tentang SQL, w3school misalnya, tetapi tidak ada salahnya juga jika saya menulis tentang SQL. Karena ini yang saya ketahui, dan untuk membantu saya mengingat apa yang pernah saya pelajari ciee ileeeh :D.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *